Kotler (1997:13) mendefinisikan pasar sebagai berikut :” A market consists of all potential customers sharing a particular need or want who might be willing and able to engage in exchange to satisfy that need or want“.

Lebih lanjut menurut Kotler (1997:131-132) ada bermacam-macam pasar yaitu :

  1. Pasar potensial (potential market), yaitu sekelompok konsumen yang cukup tertarik dengan penawaran pasar tertentu.
  2. Pasar yang tersedia (available market), yaitu sekelompok konsumen yang tertarik, memiliki pendapatan, dan akses untuk penawaran pasar tertentu.
  3. Pasar tersedia yang memenuhi syarat (qualified available market), yaitu sekelompok konsumen yang tertarik, memiliki pendapatan, akses dan memenuhi persyaratan untuk penawaran pasar tertentu.
  4. Pasar sasaran (target market), atau  served market. merupakan bagian dari pasar tersedia yang memenuhi syarat yang diputuskan oleh perusahaan untuk dikejar.
  5. Pasar penetrasi {penetrated market), yaitu sekelompok konsumen yang sudah membeli produk perusahaan.

 

About tesisskripsionline

Konsultan Disertasi, Tesis, Skripsi, Analisis Data

Satu tanggapan »

Tinggalkan komentar