Kotler (1997:13) mendefinisikan pasar sebagai berikut :” A market consists of all potential customers sharing a particular need or want who might be willing and able to engage in exchange to satisfy that need or want“.
Lebih lanjut menurut Kotler (1997:131-132) ada bermacam-macam pasar yaitu :
- Pasar potensial (potential market), yaitu sekelompok konsumen yang cukup tertarik dengan penawaran pasar tertentu.
- Pasar yang tersedia (available market), yaitu sekelompok konsumen yang tertarik, memiliki pendapatan, dan akses untuk penawaran pasar tertentu.
- Pasar tersedia yang memenuhi syarat (qualified available market), yaitu sekelompok konsumen yang tertarik, memiliki pendapatan, akses dan memenuhi persyaratan untuk penawaran pasar tertentu.
- Pasar sasaran (target market), atau served market. merupakan bagian dari pasar tersedia yang memenuhi syarat yang diputuskan oleh perusahaan untuk dikejar.
- Pasar penetrasi {penetrated market), yaitu sekelompok konsumen yang sudah membeli produk perusahaan.
Reblogged this on BIMBINGAN SKRIPSI TESIS DISERTASI.